Sponsored Links

Thursday, July 31, 2014

Menanam dan Mengolah Kebun Kelapa Sawit

INVESTASI KEBUN KELAPA SAWIT

1.Sepesis tanaman sawit ;
Siapa menyangka tanaman hias ini bias menjadi prima dona menjadi pertanian terfavorit sekarang ini:


2. Tidak heran bila pemerhati lingkungan dunia merasa perlu memperingatkan akan hutan tropis dunia sekarang ini menjadi berkurang disebabkan gencarnya perkebunan sawit dunia.


NEGARA-NEGARA YANG LUAS AREA PERKEBUNAN SAWIT-NYA PENGHASIL CPO:


3. Produksi tandan buah segar(TBS) Dari tiga jenis tanah ;
  • tanah tinggi/perbukitan
  • tanah rawa pasang surut/gambut tipis
  • tanah rawa pasang surut/gambut tebal
4.Tanaman sawit hampir tidak memilih tanah untuk ditumbuhi dalam menghasilkan tandan buah segar(TBS)
MENURUT PENELITIAN DIBAWAH INI :



5. Indonesia secara data statistic
MENJADI NEGARA YANG BESAR DALAM PENGEMBANGAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT NYA. Statistik

LUAS AREA BERDASAR KEPEMILIKAN (1000 HA)

            TAHUN
          RAKYAT
        NEGARA
           SWASTA
          TOTAL
2006
2.550
687
3.358
6.595
2007
2.752
606
3.409
6.767
2008
2.882
603
3.879
7.364
2009
3.014
608
3.885
7.507
             2010*
             3.315              617              3.893
           7.825
Keterangan : * Estimasi ,Sumber  : Ditjenbun, 2010

Keterangan : * Estimasi ,Sumber : Ditjenbun, 2010

6.Perkebunan sawit di Indonesia sejak tahun 2001-2010 selalu meningkat TBS yang dihasilkan, seiring dengan perluasan lahan penanama dari seluruh nusantara.
Demikian pula dengan harga CPO yang selalu meningkat menjadikan bisnis faporit saat ini.

MENURUT PENELITIAN PRODUKSI KELAPA SAWITINDONESIA DIBAWAH INI:


Guna menjamin keberhasilan pengembangan kelapa sawit diperlukan penyediaan bahan tanaman yang baik dan bermutu dalam jumlah yang memadai. Ada 3 (tiga) jenis kelapa sawit yang dibudidayakan yaitu Pisifera, Dura dan Tenera. Jenis yang terakhir ini banyak diusahakan oleh perusahaan maupun petani.


Adapun "jenis kelapa sawit" berdasarkan ketebalan daging buahnya adalah :

1. Dura
Dura merupakan sawit yang buahnya memiliki cangkang tebal sehingga dianggap memperpendek umur mesin pengolah namun biasanya tandan buahnya besar-besar dan kandungan minyak per tandannya berkisar 18%.

2. Psifera
Pisifera buahnya tidak memiliki cangkang namun bunga betinanya steril sehingga sangat jarang menghasilkan buah.

3. Tenera
Tenera adalah persilangan antara induk Dura dan jantan Pisifera. Jenis ini dianggap bibit unggul sebab melengkapi kekurangan masing-masing induk dengan sifat cangkang buah tipis namun bunga betinanya tetap fertil. Beberapa tenera unggul memiliki persentase daging per buahnya mencapai 90% dan kandungan minyak per tandannya dapat mencapai 28%. Dan jenis inilah yang dijual sebagai bibit unggul jadi sebaiknya anda memperhatikan gambar di bawah ini untuk membedakan jenis kelapa sawit tersebut.


Gambar Jenis Kelapa sawit Berdasarkan daging buah


Untuk mendapatkan benih kelapa sawit yang direkomendasikan oleh Direktorat Jenederal Perkebunan penangkar bibit di Kabupaten Sambas harus memesan benih/kecambah kelapa sawit dengan salah satu lembaga yang ditunjuk seperti : Pusat Penelitian Kelapa Sawit (Medan), Balai Penelitian Kelapa Sawit Marihat (Pematang Siantar), PT.Socfindo (Medan) dan PT.PP London Sumatera (Medan) atau Sub Station Pusat Penelitian Marihat Parindu (Sanggau).

Sedangkan berdasarkan warna kulit buah maka kelapa sawit di bedakan atas :

1. Nigresens
Nigresesens memiliki ciri buah dengan warna kulit hitam saat muda dan berwarna merah saat tua

Gambar sawit nigresens

2. Verescens
Verescens adalah jenis kelapa sawit dengan warna kulit buah hijau saat muda dan berwarna kuning kemerahan saat tua.
gambar sawit verescens

3. Albesens
Albesens sesuai dengan namanya adalah kelapa sawit dengan buah yang kulitnya berwarna putih saat muda dan berwarna kuning pucat saat tua. Kalau jenis yang ini konsultasisawit juga belum pernah menemukan walaupun sudah lama melanglang buana di perkebunan kelapa sawit.


JENIS BIBIT SAWIT MENURUT SELERA:
Seiring dengan berkembang nya teknologi membuat bibit sawit unggulan semakin memudahkan masyarakat memilih


Sebelum terjadi perkawinan silang :
1.cangkang lebih teban dan daging tipis
2.daging tebal dan cangkang lebih tipia
Setelah terjadi perkawinan silang : 
hasil nya memuaskan dan dapat diterima oleh pengembang



Proses pembuatan kecambah sawit dalam penelitian begitu ketat dalam penyeleksian hingga selesai,biasa nya kecambah tersebut dimasukan dalam kantong atau kotak ..isi dalam satu bungkus/kotak 250butir,dan dikemas dalam peti kayu/kotak…sebanyak 40bungkus,dan didalam nya terdapat (NO register kantong/sertivikat) bibit tersebut,sebagai pemula haruslah berhati-hati dengan bibit palsu.



Bila pembebasan lahan telah selesai petani sawit harus melakukan pembibitan secara serentak atau ber tahap sesuwai keinginan dan kondisi lokasi tersebut,diawali dengan memilih salah satu merek dari prusahaan peneliti bibit sawit,

ADA BERBAGAI MEREK BIBIT KELAPA SAWIT:

1.COSTARICA 
2.SOPINDO 
3.MARIHAT 
4.LONSUM
DLL



Pilihlah salah satu merek tadi dengan cara mengetahui ke unggulan masing-masing sehingga anda dapat memilih bibit sesuai yang anda kehendaki.



Pembibitan dilakukan diawali dengan tahap:
1. Pembersihan lahan untuk lokasi,
2. Menyiapkan polibet kecil sesuai yang anda butuhkan, 
3. Tanah yang akan dimasukan kepolibet haruslah tanah yang baik dihancurkan dgn cara mencangkul,bila tanah dianggap kurang baik lakukan dng mencampurkan pupuk sesuai takaran, setelah kecambah sawit di tanam harus disiram 2 kali sehari dan harus membersihkan rumput disekitar sawit 3 minggu sekali agar pertumbuhan bibit tidak terganggu rumput yang tumbuh.



Bila bibit sawit sudah berumur 6.bln-12.bln maka diajurkan menganti polibit kecil menjadi polibet besar agar akar bibit tidak terlalusempit untuk berkembang sehinga bila masa penanaman akar bibit tidak terganggu, apabila akar bibit terganggu saat penanaman tanaman sawit akan panjang masa stressnya. 

Lakukan penyeleksian bibit yang ada karma tidak semua bibit akan baik pertumbuhan nya ,bila terlihat bibit menguning /tidak sempurna seperti yanglain maka jgn sampai di tanam untuk menghindari non produksi.



Biasa nya pembibitan harus bersamaan dengan pembukaan lahan sawit dengan cara membersihkan lahan tanam setelah dilakukan pemetaan/GPS/topografi maka lahan akan dapat diketahui secara menyeluruh,biasa nya lahan tersebut ada beberapa kategori antaralain dataran rendah (pasang surut) dan tanah tinggi (perbukitan).

1.Dataran rendah (rawa pasang surut) lakukan pembuatan tanggul untuk membendung air yang akan membajiri lokasi sehinga air tidak masuk ke lokasi kebun dan lakukan pembuatan parit/kanal yang dapat dialiri air sehingga dapat memper tahankan ketinggian permukaan air dari dasar tanah sehinga bibit sawit yang ditanam tidak terganggu perkembangan nya,ketingian permukaan tanah dari permukan air harus dipertahankan antara 60-80cm.

2. Dataran tinggi (perbukitan) lakukan topografi dilahan kemiringan yang curam sebelum pengusuran tanah (tingkatan), bila kemiringan tanah tidak terlalu curam maka tidak perlu melakukan tingkatan/perataa.




Pilihan alat berat yang pas untuk melakukan pembersihan lahan pasang surut(tanah rawa)exsavator dan untuk pembersihan lahan di tanah tinggi(bukit) bull doccer,sebelum pengolahan lahan memakai alat maka lakukan pemetaan lokasi dan berika patok kayu atau aba-aba sehinga oprator tidak menjadi bingung.



Dalam pembuatan kebun sawit akses jalan sangat dibutuhkan baik untuk pengangkutan logistic maupun hasil perkebunan,yang harus digaris bawahi adalam bila jalan akses kperkebunan baik maka dapat menekan pengeluaran cost yang tinggi dan begitupula sebalik nya,lakukan perawatan dan untuk tanah rawa (pasang surut) pemeliharaan kanal penghubung dan tanggul penahan luapan air.

Bila lokasi perkebunan sawit telah selesai pembersihan dan penataan lokasi lahan curam biasa dilakukan titik tanam seperti dibawah ini,tiba waktunya untuk melakukan pemancangan (letak batang sawit) jarak pancang satu ke pancang berikut nya ada beberapa pandangan yang menjadi pilihan anda antara lain =
1. 8mx8m
2. 8mx9m
3. 9mx9m 
Dalam menentukan barisan ada dua pilihan matalima dan segi empat.




Penanaman bibit kelapa sawit biasanya umur 18.bln – 24.bln dilakukan lahan barutanam maupun penanaman ulang, dilakukan pelobangan lebar 40cm x 40cm. dan dalam 30cm - 40cm, jangan sampai terlalu dalam pengalian karna humus tanah ada dipermukan tanah,usahakan tanah permukaan yang ditimbunkan ke bibit sawit baru tanam ,untuk lahan pasang surut sebelum penanaman biasa nya setelah dilobangi diberikan pupuk kapur untuk menghindari zat asam yang tinggi diamkan beberapa hari lalu lakukan penanaman



Setelah penanaman ada factor penting untuk di waspadai adalah perusakan tanaman oleh hama yang tidak asinglagi nama nya:babi gajah dan tikus,untuk menghindari serangan binatang dan hewan ini untuk tanah rendah(pasang surut) dan tanah tinggi(perbukitan)coba lakukan alternative sebagai berikut pilihlah menurut anda yang paling baik : 
1. Melakukan pengalian/parit gajah disekelililng lahan/batas tanah
2. Lakukan penyetroman dengan membentangkan kawat aliran listrik sekeliling areal perkebunan
3. Lakukan pengan dangan permanent dgn kayu atu kawat berduri
4. Lakukan penaburan racun keseluruh areal perkebunan agar binatang/hewan tersebut bila memakan nya akan keracunan dan mati, (khusus hama tikus) 

Biasanya lakukan penanaman bibit yang cukup besar batang nya(lingkar batang 40cm.) berkisar umur bibit 25-30bln.



Bila masa tanam sudah selesai lakukan penanaman kacang-kacangan,dan pemupukan sudah harus diatur jadwal nya,dan lakukan pembersihan lahan dengan melakukan penebasan atau memakai racun kontak herbisida,dan lakukan pemantauwan bila ada yang pertumbuhan kurang baik atau mati atau jenis lain,lakukan penyulaman dengan segera agar tidak terlalu jauh perbandingan batang yang sudah hidup.gambar kebun sawitah ini termasuk lahan kebun yang terawat dengan baik.



Gambar kebun sawit dibawah ini adalah kebun sawit yang tidak terawatt kurang pupuk, irigasi tidak lancar dan sawit tidak di bokor.jangan heran bila masa tanam anda mencapai 7thn hasil nya tetap tidak maksimal,dibandingkan yang terawatt 3thn akan menghasilkan buah yang baik.


Sawit yang produktif akan memunculkan bunga dan dari sana lah terjadi pemisahan jenis jantan dan betina,bunga betina adalah bakal calon tandan buah segar(TBS) dan bunga jantan menyebarkan serbuk nya melalui angina untuk melakukan perkawinan dan tidak akan menjadi tandan buah segar (TBS) oleh karma itu dalam satu kapling 2 hektar tidak lebih dari 10-15 batang,karma megganggu target produksi (TBS)



Tandan buah segar yang baik tidak terlepas dari perawatan kebun sawit yang baik pula,investasi di perkebunan sawit dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam mengolah dan loyalitas kita terhadap kebun yang ter ukur dan ter arah.

Dalam memanen buah sawit(TBS) dibutuhkan alat antara lain yang:yang terlihat oleh gambar…sejenis seperti tombak namun dimatanya melebar seperti kampak lebar 15cm.alat ini biasa dilakukan umur 3thn-15thn dan adalagi seperti celurit uang cukupbesar deameter 70cm.10thn-25thn dan ada lagi sejenis kampak alat ini biasa dipakai 5thn-10thn, namun rata-rata bermata tipis agar lebih tajam.



Sarat buah (TBS)biasa nya tergantung pada keinginan setandar yang disepakati,namun rata-rata memakai standar seperti berikut: warna merah kekuning kuningan dan harus diperhatikan tanda masak nya tandan sawit ada biji sawit yang jatuh dari batang 2-3 butir untuk yang layak panen seperti gambar dibawah,untuk mengankut kesatutempat haruslah diputuskan tempat dimana mudah terjangkau oleh kendaraan pengankut buah,tapi sebelum nya untuk pengangkutan dari batang kebatang biasanya diangkut oleh angro/angkong bisajuga sejenis gerobak untuk dikumpulkan jadi satu tempat dan akan ditimbang secara manual.


Bila sudah terkumpul dan sudah ditimbang biasanya kendaraanpun datang untuk memuat (TBS) tersebut dan menghantar kan ke pabrik kelapa sawit(PKS)disinilah membuktikan harusnya ada jalan belok-belok selain jalan setral yang harus dibuat agar tidak sulit dalam pengangkutan buah untuk dibawa kepabrik.



Biasanya jalan setral sawit cukup bagus untuk menghubungkan ke jalan utama agarlebih mudah mencapai pabrik terdekat,untuk menerapkan keamanan biasa pula dilakukan pengamanan dalam lingkungan perkebunan dan membuat PORTAL dipintu-pintu masuk dan bias juga dipersimpangan,haltersebut untuk menghidari pencurian buah secara berkelompok.

Untuk meningkatkan hasil perkebunan dan memperbesar usaha anda bisa pula mendirikan (PKS)pabrik kelapa sawit bila menurut anda mampu untuk mengelolanya atau memungkinkan,seiring dengan perkembangan jaman sekarang telah muncul (PKS MINI) dalam hal ini dapat terjangkau oleh kelompok / koperasi / perorangan, yang mana hasil dan produksinya tidak kalah kualitas dibandingkan (PKS) super.

feel free to visit my China stories Blog : http://traveloguechina.blogspot.com

1 comment:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    ReplyDelete