Sponsored Links

Sunday, July 27, 2014

PELUANG USAHA DI KEBUN KELAPA SAWIT


Minyak sawit berasal dari buah pohon kelapa sawit (Elaeis guineensis), suatu spesies tropis Yang berasal dari Afrika Barat, namun kini tumbuh sebagai hibrida di banyak belahan dunia, Termasuk Asia Tenggara dan Amerika Tengah. Minyak sawit menjadi minyak pangan yang paling banyak diperdagangkan secara internasional pada tahun 2007. Minyak yang relatif murah ini digunakan untuk berbagai tujuan. Permintaan dunia akan minyak sawit telah gelonjak dalam dua dasawarsa terakhir, pertama karena penggunaannya dalam bahan makanan, sabun, dan produk-produk konsumen lainnya, dan belakangan ini sebagai bahan baku mentah bahan bakar nabati. Naiknya tingkat kemakmuran di India dan Cina, kedua negara importir terbesar di dunia, akan menambah permintaan akan minyak sawit dan minyak sayur yang dapat dimakan lainnya untuk berbagai kegunaan. Buah sawit adalah sumber bahan baku CPO (Crude Palm Oil) dan PKO (Palm Kernel Oil). CPO dihasilkan dari daging buah sawit,
sedangkan PKO dihasilkan dari inti buahnya

Hal yang menarik saat kita membincangkan soal Peluang Usaha kelapa sawit. Jika menyebut perkebunan kelapa sawit, yang terpikir di benak seseorang tentulah penghasilan yang tinggi dan besar.

Sawit dijual berdasarkan standar nilai tukar dollar. Prospek bisnis kelapa sawit memang cukup bagus.
Krisis ekonomi yang menyebabkan nilai tukar rupiah terhadap dollar anjlok malah menjadi buah kebahagiaan bagi para petani kebun sawit. Meningkatnya nilai tukar dollar terhadap rupiah sama artinya dengan melambungnya harga sawit di pasaran dunia. Alhasil, krisis ekonomi memberikan angin segar peningkatan gaji para petani kelapa sawit.

Meskipun industri kelapa sawit diakui sebagai kontributor pencemar lingkungan kedua setelah industri kertas, kenyataannya industri ini terus saja berkembang dengan kian pesatnya perluasan lahan kelapa sawit di Sumatera. Riau misalnya, sebagian besar wilayah hutannya telah disulap menjadi kawasan perkebunan kelapa sawit. Industri kelapa sawit hulu tentunya perlu diimbangi dengan pengembangan industri kelapa sawit hilir.

Prospek bisnis kelapa sawit hilir tentunya menjanjikan potensi besar untuk geliat perkembangan ekonomi daerah terkait dibandingkan dengan industri hulu kelapa sawit.
Industri kelapa sawit hulu merupakan industri kelapa sawit mentah, menghasilkan Crude Palm Oil (CPO) yang diekspor secara mentah ke pihak-pihak luar yang membutuhkan. Sementara industri kelapa sawit hilir merupakan industri pengembangan dari bahan baku CPO tadi, misalnya industri sabun, mentega dan sebagainya.

Prospek Bisnis Kelapa Sawit - Keuntungan Memiliki Kebun Kelapa Sawit
Siapa bilang jadi petani itu miskin? Petani yang punya gaji melebihi gaji Pegawai Negeri Sipil adalah mereka para petani kelapa sawit. Tanpa harus berlelah-lelah kerja full time setiap harinya, para petani sawit menghasilkan jutaan rupiah tiap bulannya, bahkan bagi mereka yang memiliki lahan sawit cukup luas, penghasilan perbulan bisa mencapai puluhan juta.
Dengan satu keistimewaan, para petani tersebut cukup makan tidur di rumah tanpa bekerja, sementara gaji perbulan terus mengalir. Inilah prospek bisnis kelapa sawit yang cukup menjanjikan. Banyak para pegawai negeri yang tinggal di kota, pada akhirnya berlomba-lomba membeli perkebunan kelapa sawit karena dinilai kebun kelapa sawit sebagai bentuk deposito unik yang menghasilkan uang secara mudah tiap bulannya.
Berikut ini beberapa keuntungan realistis yang akan diperoleh seseorang apabila menginvestasikan kekayaan mereka untuk bisnis dan membeli perkebunan kelapa sawit.

Menghasilkan Uang Tanpa Lelah Bekerja Rata-rata para pemilik kebun kelapa sawit berpenghasilan lumayan, oleh sebab itu untuk perawatan dan pemanenan kelapa sawit, mereka cukup mengupahkan pada tenaga buruh. Si pemilik kebun tak perlu repot untuk merawat kebunnya, karena dari gaji yang ia peroleh tiap bulannya lebih dari cukup untuk menggaji karyawan kebun

Harga Kebun Sawit Selalu NaikHarga satu kavlingan kebun sawit yang usianya telah mencapai belasan tahun bisa berharga ratusan juta rupiah seluas rata-rata empat hektar. Harga ini akan terus naik jika harga sawit di pasaran internasionalikut naik. Jikalau pun harga sawit turun, harga penjualan tidak akan jatuh secara drastis.

Si Pemilik Bisa Kaya Raya Jika Diselingi dengan Pekerjaan atau Usaha LainBanyak para pegawai negeri yang sukses dengan tetap memiliki kebun kelapa sawit ditambah dengan pekerjaan tetapnya. Atau mereka yang menginvestasikan penghasilan dari kebun sawitnya untuk membuka bisnis yang lain.

Kombinasi ini memang penting untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu harga sawit di pasaran internasional anjlok. Banyak para pegawai negeri yang sudah sukses di kota membeli kebun kelapa sawit dengan salah satu alasan di atas.


Prospek Bisnis Kelapa Sawit Semakin Menjanjikan
Walaupun krisis keuangan global menerpa negara-negara Eropa dan negara berkembang lainnya, industri kelapa sawit di negara Indonesia diperkirakan tak akan terpengaruh oleh hal tersebut. Bahkan, prospek industri bisnis kelapa sawit diprediksi akan tetap cerah beberapa tahun ke depan.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) berpendapat bahwa investor sektor perkebunan kelapa sawit di masa yang akan datang masih tetap tinggi sebab permintaan komoditasnya terus mengalami peningkatan. Selain itu, investasi asing untuk sektor industri kelapa sawit pun masih sangat terbuka lebar.

Sementara itu, Sekjen Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengatakan juga bahwa setiap tahunnya, permintaan minyak kelapa sawit terus mengalami peningkatan sehingga investasi di sektor komoditas ini pun pasti akan menarik bagi sejumlah investor. Walaupun saat ini harga kelapa sawit turun karena melemahnya permintaan di pasar global, tetapi tetap harga komoditas tersebut masih sangat menjanjikan dalam jangka panjang.

Di sisi lain, permintaan minyak nabati pun terus meningkat. Kebutuhan tambahan minyak nabati dapat mencapai sekitar 6 juta ton setiap tahunnya. Nah, kebutuhan tambahan ini dapat dipenuhi oleh industri kelapa sawit. Misalnya 2 juta ton untuk pasar Indonesia dan 1,5 juta ton untuk pasar Malaysia.

Jadi, ada sekitar 3,5 juta ton peluang pasar suplai kebutuhan untuk industri kelapa sawit. Ini adalah sebuah prospek menjanjikan sebab Indonesia masih mempunyai banyak lahan menjaga sekaligus meningkatkan aktivitas industri kelapa sawit.

Walaupun begitu, tetap saja ada kendala yang dihadapi. Ya, industri kelapa sawit terganjal oleh sejumlah permasalahan, terutama berhubungan dengan persepsi publik yang negatif seperti isu deforestasi, kerusakan lingkungan, isu kesehatan, dan juga ekspansi lahan yang dituduh memicu munculnya konflik sosial dengan masyarakat.



Oleh sebab itulah, para pengusaha industri kelapa sawit wajib berpartisipasi untuk menentukan nasib industri kelapa sawit di masa yang akan datang. Dalam hal ini, harus dibuat rumusan strategi untuk mempromosikan dan juga mengelola perkembangan industri kelapa sawit yang bersifat jangka panjang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, setidaknya terdapat dua hal penting yang wajib dilakukan. Pertama mengelola persepsi, meluaskan akses, dan akseptansi atau penerimaan pasar. Kedua, mengelola agenda serta proses untuk mewujudkan industri kelapa sawit yang berkelanjutan atau sustainable.

Selain kedua hal tersebut, para pelaku industri kelapa sawit jangan pernah lupa dengan tanggung jawabnya terhadap sosial dan lingkungan. Diperlukan pula perumusan strategi  yang dibuat oleh para pelaku industri untuk melawan kampanye negatif. Saat ini, kampanye negatif terhadap industri kelapa sawit sangat mungkin berdampak buruk. Tapi, sejarah telah mengajarkan kepada kita semua bahwa dengan arahan yang tepat, usaha pengembangan industri sawit di Indonesia dapat meraih hasil positif.


Prospek Bisnis Kelapa Sawit Lewat Kerja Sama
Selain para pelaku industri kelapa sawit, pemerintah pun ikut ambil bagian untuk lebih mengembangkan industri tersebut. Saat ini, pemerintah telah melakukan kerja sama dengan sejumlah negara dan Pakistan adalah salah satu negara yang menjalin kerja sama dengan Indonesia.

Meskipun ekspor kelapa sawit ke negara Pakistan mengalami penurunan setiap tahunnya, pemerintah Indonesia tetap menjalin hubungan kerja sama.

Negara lainnya yang juga berminat menginvetasikan modalnya di industri kelapa sawit Indonesia adalah Thailand. Ini adalah salah satu kesempatan bagus untuk menarik minat investor lainnya sehingga mampu menggali sekaligus meningkatkan potensi bagi Pendapatan Hasil Daerah dan kesejahteraan rakyat.

Hal ini didukung oleh permintaan untuk Crude Palm Oil (CPO) di pasar global yang terus meningkat tajam;Tentunya, ini sangat menjanjikan bagi seluruh pelaku industri kelapa sawit di Indonesia untuk terus mengembangkan sektor industri tersebut.

Tandan buah segar kelapa sawit harus diolah dalam waktu 24-48 jam sejak dipanen agar tidak mengalami penurunan kualiatas. Jika pengolahan tidak berjalan secara tepat waktu, maka produknya tidak lagi mememuhi persyaratan kelas pangan yaitu kandungan Asam Lemak Bebas (FFA) sekitar 5-6%.

Pengolahan buah sawit menjadi CPO sebetulnya memiliki teknologi proses yang sangat sederhana, yaitu : rebus, peras, dan pisah. Atas dasar tiga hal tersebut inilah pengembangan pengolahan CPO dilaksanakan. Mulai dari yang paling sederhana sampai pada tingkat teknologi tinggi. Pengembangannya tentu dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produk yang diinginkan sesuai kebutuhan pasar, gambaran diagram singkat proses sederhana pengolahan TBS


Tandan Buah Segar (TBS) dengan mutu yang baik akan menghasilkan :

Kualitas Buah yang dihasilkan tenera (rendemen 22 -24) atau dura (rendemen 17-18%)

1. Minyak sebanyak 20-25%
2. Inti (kernel) sebanyak 4-6%
3. Cangkang 5-9%
4. Tandan kosong (empty fruit bunch) 20-22%
5. Serat (fiber) 12-14%

Sedangkan Buah Berondolan akan menghasilkan:
1. Minyak sebanyak 30-34%
2. Nut (biji) 15-17%
3. Serat (fiber) 14-30%
4. Sampah 2-10%

Sebelum melaksanakan pembangunan PKS (Pabrik Kelapa Sawit) harus mempunyai daya dukung bahan baku yang cukup untuk pelaksanaan prosesnya, berdasarkan perkiraan potensi produksi, maka kapasitas pabrik dapat dihitung. Dengan asumsi tiga shift kerja perhari (20 jam kerja perhari) dengan 25 hari kerja perbulan serta kapasitas produksi maksimum yang disesuaikan dengan produksi bulanan diperhitungkan sebesar 10,5%, maka untuk mengolah seluruh produksi TBS tersebut akan dibutuhkan pabrik dengan kapasitas minimal (6.000 ha x 20 ton TBS/ha x 10,5%) : (25 hari x 20 jam) = 22,5 ton TBS/jam. Tanaman kelapa sawit tenera unggul yang bersumber dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit dapat menghasilkan 23 - 28 ton TBS/ha/tahun Dengan tingkat produktivitas yang demikian, dapat diperoleh sekitar 5.5 - 7,5 ton CPO dan 0,5 ton minyak inti sawit/ha/tahun pada tingkat oil extraction rate(rendemen CPO) 23 – 26% dan kernel extraction rate (rendemen inti) 6,5 – 8% (Asmono et al., 2001).
Pemilihan lokasi pabrik ini dilakukan dengan memperhitungkan adanya batasan- batasan yang umum berlaku antara lain mengenai penggunaan sumber air dari sungai agar dapat mensuplai kebutuhan air untuk pengelolaan sepanjang tahun. Topografi yang ideal untuk pabrik dipilih yang datar namun demikian pembuatan loading ramp dibutuhkan tempat yang lebih tinggi dari unit rebusan sehingga perlu dilakukan penimbunan.

Lokasi yang dipilih harus memiliki daya dukung tanah yang cukup baik karena tanah harus mampu menopang semua bangunan dan peralatan pabrik yang dibangun diatasnya. Disamping itu lokasi pabrik harus bebas banjir dan memiliki drainase vang baik. Pertimbangan lain yang diperhatikan adalah arah angin yang sering terjadi di lokasi sedapat mungkin asap dari cerobong pabrik tidak mencemari udara di lingkungan komplek permukiman karyawan atau penduduk sekitamya termasuk tingkat kebisingannya. Pabrik kelapa sawit (PKS) adalah unit ekstraksi minyak kelapa sawit mentah (CPO) dan minyak inti sawit (PKO) dari TBS kelapa sawit. Pengembangan tanaman kelapa sawit selalu disertai dengan pembangunan pabrik. Hal ini disebabkan minyak sawit mudah mengalami perubahan kimia dan fisika selama minyak dalam tandan dan pengolahan. Perencanaan pembangunan pabrik haruslah selaras dengan rencana penanaman dan rencana produksi TBS.

Menurut SK Menteri Pertanian No.107/Kpts/2000, sebuah pabrik kelapa sawit (PKS) hanya dapat didirikan apabila perusahaan tersebut mempunyai kebun yang mampu memasok 50 % dari kapasitas PKS yang akan dibangun (Pusat Penelitian Kelapa Sawit, 2004).



feel free to visit my China stories Blog : http://traveloguechina.blogspot.com




3 comments:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini, Awal mula saya ikut pesugihan, Karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga 900jt membuat saya nekat melakukan pesugihan, hingga suatu waktu saya diberitahukan teman saya yang pernah mengikuti penarikan uang ghaib dengan AKI SOLEH JAFFAR menceritakan sosok AKI SOLEH JAFFAR, saya sudah mantap hati karena kesaksian teman saya, singkat cerita saya mengikuti saran dari pak.aki saya harus memilih penarikan dana ghaib 1 hari cair dengan tumbal hewan dan alhamdulillah keesokan harinya saya di telepon oleh pak aki bahwa ritualnya berhasil dana yang saya minta 3Milyar benar-benar masuk di rekening saya, sampai saat ini saya masih mimpi uang sebanyak itu bukan hanya melunaskan hutang ratusan juta bahkan mampu membangun ekonomi saya yang sebelumnya bangkrut, kini saya mempunyai usaha di jakarta dan surabaya yang lumayan besar, saya sangat bersykur kepada allah dan berterimakasih kepada pak. AKI SOLEH JAFFAR berkat beliau kini saya bangkit lagi dari keterpurukan. Jika ada teman-teman yang sedang mengalami kesulitan masalah ekonomi saya sarankan untuk menghubungi ki sholeh jaffardi 0853-7778-3331 agar di berikan arahan Atau KLIK DISINI




















      Delete
  2. Ayo Dapatkan Uang Puluhan Juta Rupiah... Gabung disini Bandar Sabung Ayam Online Terbesar dan Terpercaya di indonesia, Kunjungi Website Kami Di Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda.

    ReplyDelete